Minggu, 03 Januari 2010

Tiips memilih laptop gaming

Laptop sekarang tidak hanya untuk kepentingan mobile saja, namun sudah mencakup ke bidang game, istilah populernya laptop gaming. Bukan tidak mungkin kalau suatu saat laptop akan memiliki performance yang setara dengan PC desktop.
Laptop gaming tidak harus mahal, laptop murah juga banyak yang memenuhi standar sebuah laptop gaming.

Tips memilih laptop gaming:
1. Perhatikan video memorinya. video card (VGA) merupakan komponen terpenting dalam merender lingkungan game, nama populernya GPU (Graphics Processing Unit). 1 pantangan dalam memilih laptop gaming yaitu jangan pernah memilih laptop yang VGA memorinya di shared dengan RAM. Hal ini akan membuat laptop kurang optimal dalam mengeksekusi game, sehebat apapun prosesornya. Pilihlah laptop yang menyediakan video memory tersendiri. Jadi, video memory dan system memory (RAM) modulnya terpisah. Akan lebih baik jika VGA yang digunakan merupakan produksi pihak ketiga, seperti Nvidia, ATI, dll.

2. Lihat tipe prosesor. Kebanyakan laptop sekarang sudah menggunakan prosesor core 2 duo. Prosesor ini sudah memiliki performance yang memadai dalam menjalankan game-game hi-res. Prosesor tipe centrino juga bagus, malah lebih hemat daya batere dibanding tipe core 2 duo.

3. Harus DDR3. Biar lebih maksimal tipe RAM sudah harus DDR3, yang merupakan model terbaru dari tipe sebelumnya (DDR2, DDR1) Jangan terkecoh sama laptop dengan RAM 2GB DDR2. Sebenarnya performancenya kalah cepat dengan RAM 1GB yang tipenya DDR3. Biar lebih maksimal, bisa di terapkan dual channel memory dengan menambahkan 1 keping RAM DDR3 lagi (terserah, mau 512MB atau 1GB)
Dengan menambahkan 1 keping lagi di slot yang kosong, maka kecepatan memori akan berlipat ganda, dari yang tadinya hanya 64 bit akan menjadi 128 bit.

Jika 3 tips diatas telah terpenuhi maka patutlah laptop anda menyandang status laptop gaming.. :D
Untuk mengetahui apakah memori laptop yang bersangkutan shared atau tidak, bisa baca postingan ini.

Blog Archive

 

Pasang Iklan..? Hubungi Kami
Posisi dan Jenis Bebas