Minggu, 11 April 2010

PEMANCAR FM sederhana buatan gue!!

Iseng-iseng lagi bongkar harta karun masa lalu gue, ketemulah ini. Hasil karya terbesar waktu zaman elektronika dulu, jauuuhhhh sebelum gue pegang komputer n buat blog.... :D



Ya, inilah pemancar FM yang dulu iseng-iseng gue buat. Terdiri dari 1 transistor dan 1 spul (gulungan) sebagai komponen utama, pemancar ini bisa mentransmisikan audio mpe jarak maksimal 12 meter. Karena bekerja di jalur FM (frequency modulation) maka untuk mendengar hasil kerja alat ini anda butuh yang namanya radio FM... :D

Gulungan spul. Gak bisa asal gulung loh!!
Malah lebih mudah gulung dinamo tamiya... hahaha

Yang ini filter audionya. Biar pas dengan kekuatan output mikrofon....
Sebenarnya gak se-rumit ini, cuma kebiasaan buruk yg g pernah berubah, komponen yang gak penting g dicabut jadi dibiarin deh mpe numpuk kek gini... hahaha



Pas gue tes, ternyata masih berfungsi sob.. Jadi gue coba mengirimkan audio dari mp3 player lalu dengernya pake radio hp. Gue setel-setel spulnya dan dapatlah frekuensinya... Kebetulan di kota gue stasiun radionya banyak jadi gue cari frekuensi yang sepi aja. 107 Mhz keatas. alhasil, hanya bertenaga batere 2 buah aja, pemancar FM tersebut berkerja dengan hasil yang memuaskan. Sebagaimana dulu gue tes.. :D

Tampak keseluruhan, dengan jack male & female 3,5 mm yang gue gabung jadi 1.
Biar bisa sambil denger lewat headset sambil disiarkan ke orang-orang.. :D


Komponen utamanya hanya papan persegi kecil ini, lainnya itu filter audio yang gak penting.. :D


tenaga, 2 buah batere AA... :D

Berapa biaya yang dikeluarkan? almost gratis sob. Komponennya gue kanibal dari mainan anak-anak... hahaha paling cuma beli tempat gulungan spul dan papan lubang-lubang sebagai letak komponennya... :D



Ini close-up spulnya...


Antenanya... di gulung-gulung biar cantik..
Padahal ampun dah jeleknya.... hahaha


Jadi nostalgia balik neh ke masa-masa elektronika dulu, sayang udah banyak komponen kek gitu yang dibuang karena telantar begitu aja... T.T

Blog Archive

 

Pasang Iklan..? Hubungi Kami
Posisi dan Jenis Bebas