Sabtu, 13 Februari 2010

Liputan khusus - Sejarah dan serba-serbi imlek

G terasa ya besok dah tahun baru imlek.... Gue sudah siap dengan kemungkinan terburuk (Angpao menurun drastis.. >.<) but it's OK lah, g masalah... Yup, to the topic, kali ini gue akan mencoba untuk menceritakan (lebih tepatnya menerjemahkan) tentang info-info menarik seputar imlek. Berikut sumber gue kutip dari wikipedia english:
Pengenalan
Imlek, tahun baru china, atau festival musim semi merupakan event yang paling penting dalam kebudayaan china. Sering juga disebut tahun baru lunar oleh orang-orang barat. Disebut begitu karena sistem penanggalan china didasarkan pada pergerakan bulan (luna)

Perayaan dimulai dari tanggal 1 bulan baru (chia gwe) sampai tanggal 15. Nah, tanggal 15 inilah yang familiar disebut cap go meh atau festival lampion kalau di barat sana. Malam tahun baru china juga di kenal dengan nama chu xi atau malam penghujung tahun. Disinilah terjadi transisi antara 2 tahun, yang baru dan yang telah berlalu.

Imlek dirayakan di negara-negara yang memiliki penduduk suku Han seperti china daratan, hong kong, macau, singapore, taiwan, laos, malaysia, philipina, thailand, termasuk juga indonesia. Selain itu juga dirayakan di oleh suku yang memiliki pengaruh kebudayaan china seperti bangsa korea, orang tibet, mongol, orang viet, dan bangsa jepang. Kalau di indonesia sendiri sih cuma 2 kota yang paling semarak menyambut imlek ini yaitu jakarta dan medan. Hal ini disebabkan konsentrasi penduduk chinese di 2 kota ini lebih besar. Di kota lain juga tersebar namun tidak besar jumlahnya... :D

Sejarah
Berdasarkan cerita turun-temurun di china daratan sana, imlek mulai dirayakan saat orang-orang desa berhasil mengalahkan sesosok monster raksasa yang bernama Nian/Nien. Konon, nian memiliki ukuran yang sangat luar biasa besar sampai-sampai beberapa orang bisa ditelan dalam sekali lahap. Nah, nian ini selalu datang tepat di malam tahun baru untuk memangsa orang, ternak, bahkan anak-anak. Takut kena mangsa, maka mereka pun menghidangkan makanan di depan pintu mereka saat malam tahun baru dengan harapan nian dapat menyantapnya sehingga tidak memangsa orang lagi.

Mengapa imlek selalu identik dengan merah?
Lanjut, diceritakan nian sangat ketakutan ketika melihat seorang anak kecil mengenakan pakaian merah. Maka di tahun berikutnya orang-orang mengenakan pakaian serba merah untuk menghadang nian ini. Tak hanya itu, mereka pun menyiapkan senjata perang berupa lampion merah dan petasan-petasan yang alamak kuatnya.. :D



Petasannya bukan yang seperti sekarang, warna-warni n bisa nulis di langit namun berupa petasan klasik. Mungkin masih ada sampai sekarang..
Akhir cerita, nian jera dan tidak pernah mengganggu mereka lagi. Saat itulah setiap tahun baru imlek mulai dirayakan.


Tradisi
Bagi-bagi angpao
Ya, inilah yang sangat ditunggu-tunggu... :D Istilahnya amplop merah, atau hong bao. Angpao biasanya dibagikan oleh mereka yang telah berkeluarga kepada mereka yang belum berkeluarga, terutama anak-anak. Angpao isinya uang, bisa berupa uang kertas atau uang logam. Jumlah uang yang ada di angpao harus genap. Kalau ganjil maka akan diidentikkan dengan angpao yang diberi dari upacara perkuburan, begitulah katanya. Angka ganjil di hitung dari digit pertama, seperti 30ribu, 50ribu. Angka 8 diidentikkan dengan angka keberuntungan jadi banyak orang yang memberi angpao berpatokan dengan angka 8 seperti 80ribu atau $8 kalau diluar negeri. Namun tradisi ini tidak terlalu dihiraukan oleh para penduduk china selatan. Jadi sah saja kalau memberi angpao dengan jumlah ganjil.



Tarian naga dan barongsai
Salah satu event yang bakal anda temukan adalah adanya tarian naga atau barongsai untuk memeriahkan imlek. Bukan sembarang tarian, tradisi ini mengandung makna untuk menjauhkan diri dari hal-hal jahat. Barongsai sering juga di tarikan sebagai acara grand opening usaha bisnis di hong kong sana tujuannya sebagai harapan bisnis tersebut berjalan dengan lancar kelak.





Makan bersama
Pada malam tahun baru biasanya semua anggota keluarga berkumpul di 1 meja dan bersantap sama-sama. Makanan-makanan yang disajikan pun beragam, umumnya lebih dari 5 macam. Selain anggota keluarga, kerabat dan orang-orang dekat juga boleh bergabung dan makan bersama. Sekarang ini, ada juga restoran yang menyediakan paket spesial untuk mengakomodasi event ini... :D

Sembahyang malam
Nah, menjelang jam 12 malam biasanya kita sembahyang leluhur dan untuk menyambut dewa-dewi yang turun dari langit. Semua anggota keluarga akan berkumpul dan melakukan doa bersama, seraya berharap tahun yang baru lebih baik daripada tahun sebelumnya.

Kembang api
Ternyata kembang api juga termasuk tradisi loh. Ingat cerita gue tadi yang Nian? Kembang api biasanya di sulut beramai-ramai untuk menandakan tahun baru imlek. Di beberapa negara (termasuk indonesia) kembang api ini sebenarnya dilarang dengan alasan dapat menyebabkan kebakaran, terutama di pemukiman padat penduduk. Boleh sih bermain kebang api namun tidak dalam jumlah yang berlebihan. Di Indonesia sendiri juga diarang kecuali jakarta dan medan, pesta kembang api lebih meriah karena disana toleransi kebudayaan chinese lebih tinggi.



Ikon dan ornamen

Ikan koi
Biasanya ikan ini kerap dijumpai dalam lukisan-lukisan, bermakna kesuksesan dan murah rejeki.

Lampion
Lampion ini harap dibadakan dengan lampion musim gugur yagn lebih oval bentuknya, Biasanya di pasang saat perayaan cap go meh. Lampion ini terdiri atas beragam warna, bentuk dan ukuran.

Dekorasi lain
Secara umum di gantung di dinding rumah, seperti lukisan tahun baru, lipatan-lipatan kertas, seni tulisan china.. dll



tarian naga dan barongsai
Diiringi dengan suara yang menggelegar dan ekspresi naga yang menakutkan dipercaya dapat mengusir roh jahat.

Dewa keberuntungan
Dipercaya sebagai dewa yang murah rejeki, dan membawa keberuntungan bagi siapa saja. Dewa ini sering disebut chai shenn ye atau dewa kemakmuran.


salam
Imlek tidak afdol tanpa mengucapkan Gong Xi Fat Chai kepada sanak saudara dan orang tua. Selain itu, biasanya juga diiringi lagi dengan ucapan Xin Nian Kuai Le. Di bagian utara china biasanya mereka menyebut guo nian hao. Gong xi fat chai mengandung arti selamat dan semoga tumbuh keberuntungan di tahun yang baru. Sedangkan xin nian kuai le bisa diartikan sebagai selamat tahun baru. Ucapan ini juga sering di jadikan bahan candaan bagi anak-anak, seprti Gong xi fat chai, hong bao na lai yang artinya selamat dan semoga beruntung, sekarang angpao-nya mana? :D


Mungkin itu saja yang bisa gue tulis, g gitu lengkap sih... Untuk versi lengkapnya bisa telusuri sendiri di wikipedia inggris. Kalau ada salah kata atau salah apa z, mohon maaf z n g keberatan koq kalo di kasih koreksi yang benarnya... :D
akhir kata, gong xi fat chai, semoga tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya... :D

Gambar: g-pics

Blog Archive

 

Pasang Iklan..? Hubungi Kami
Posisi dan Jenis Bebas