Senin, 02 November 2009

Misteri notepad

Anda tentu sering mendengar tulisan kata bush hid the facts pada notepad, dimana kalau kata ini diketik lalu di save ke notepad maka akan berubah menjadi karakter kotak-kotak ketika di buka kembali. Mengapa demikian? Apakah bush benar-benar menyimpan suatu fakta? :D

Unik memang kalau notepad bisa bertingkah seperti itu. Namun tahukah anda alasan yang masuk akal mengapa notepad bisa mengubah kata yang kita ketik tadi? Inilah dia.

Terkadang notepad membuat suatu "perkiraan" ataupun "pilihan" untuk menggunakan sistem encoding yang mana pada kombinasi kata yang kita ketik tadi, apakah pakai ANSI atau UNICODE. Jika benar encodernya, maka kalimat yang kita ketik tidak berubah. Jika salah, maka kalimat yang kita ketik akan seketika berubah "wujud"-nya setelah di save.
Hal yang sama terjadi pada kalimat bush hid the facts. Notepad menggunakan encoder yang salah (Program juga bisa salah pilih.... :D) sehingga muncul karakter kotak-kotak tersebut.
Dalam notepad kata dengan kombinasi huruf dan spasi 4-3-3-5 juga akan menimbulkan efek yang sama, contohnya aaaa aaa aaa aaaaa. Coba di cek pada notepadnya.

Jadi terjawab sudah, kalau bush memang tidak menyimpan rahasia pada notepad..... :D

Blog Archive

 

Pasang Iklan..? Hubungi Kami
Posisi dan Jenis Bebas